:)

welcome.............

semoga bermanfaat...^^


_salam sukses selalu :)

[mahasiswi STAIN ZAWIYAH COT KALA LANGSA]

Kamis, 18 Oktober 2012

kata-kata ^^

Ikhlas dalam Beramal


             Judul diatas kita untuk memaknai ketulusan dalam beramal. Dimana ketulusan itu dapat diartikan keikhlasan, yaitu hanya mengharap ridha Allah tanpa mengingat atau mengkhawatirkannya. Ada sebuah kisah yang saya kutip dari buku "99 Ideas for Happy Life". Diceritakan seorang anak laki-laki yang membiayai sekolah dan hidupnya dengan berjualan dari satu rumah ke rumah yang lain. pada suatu hari anak tersebut merasakan lelah yang yang luar biasa setelah berjalan seharian. perutnya sudah tidak mampu lagi menahan rasa lapar. sayangnya, ia tidak memiliki uang sepeserpun untuk membeli sesuatu. ia pun memutuskan untuk meminta makanan dirumah berikutnya.
saat ia tiba di sebuah rumah, anak itu sempat mengurungkan waktunya ketika sempat melihat wanita muda yang cantik membukakan pintu untuknya. namun, rasa laparnya mengalahkan perasaan malunya. akhirnya anak itu meminta air minum kepada tuan rumah yang ramah itu. Keberuntungan sedang berpihak kepada anak laki-laki tersebut karena ia mendapat segelas susu dari wanita cantik itu. 

Anak laki-laki itu meminumnya perlahan-lahan dan kemudian bertanya, "Berapa aku berhutang kepadamu ?"
"Eangkau tidak berhutang sepeserpun kepada ku" jawab wanita itu.
"Ibuku selalu mengajarkanku untuk tidak mengharapkan imbalan dari setiap kebaikan" lanjut wanita itu.

Anak laki-laki itu pun mengucapkan terima kasih tak henti-hentinya sebelum meninggalkan rumah tersebut. Diketahui kemudian, anak laki-laki itu bernama Howard Kelly.

Beberapa tahun kemudian tersiar kabar tentang seorang wanita yang mengidap penyakit yang sulit disembuhkan. Para dokter umum sudah menyerah untuk menanganinya. Mereka pun mengalihkan penanganan penyakit tersebut kepada dokter spesialis yang ada di kota besar. Menurut mereka, penyakit yang diidap wanita tersebut termasuk penyakit langka.

salah seorang dari tim dokter spesialis terdapat seorang dokter yang bernama Dr. Howard Kelly yang sangat serius mempelajari penyakit langsa tersebut. Ia semakin tertarik terhadap pasiennya ketika mengetahui latar belakangnya.

ketika mendengar nama kota asal wanita tersebut, wajah Dr. Howard Kelly berbinar cerah. Ia yakin bahwa wanita itu adalah sosok yang dikenalnya pada masa lalu. Sejak saat itu Dr. Howard Kelly bertekad mencurahkan seluruh perhatian, waktu dan keahliannya untuk menyelamatkan pasien istimewanya.

Perjuangan Dr. Howard Kelly tidak sia-sia, wanita tersebut akhirnya dapat disembuhkan. dan di perbolehkan pulang. Namun setelah melewati masa kritis, ia belum sepenuhnya tenang karena belum menyelesaikan biaya perawatan selama berada di rumah sakit. dan ia sudah menduga bahwa akan membutuhkan waktu seumur hidup untuk melunasinya. 

Saat tagihan tersebut sampai ketangannya, ia tidak berani membukanya. Dengan penuh keberanian akhirnya ia pun membukanya. Betapa terkejut ia ketika melihat tagihan tersebut, bukan karena nilainya yang besar, tetapi tulisan yang ada disana "TELAH DIBAYAR PENUH DENGAN SEGELAS SUSU".

        Luar biasa cerita diatas. itu adalah imbalan yang diberikan oleh Tuhan kepada orang-orang yang beramal dengan ikhlas. Perlu kita ingat bahwa Tuhan tidak melihat kadar materi yang hambanya keluarkan, melainkan besarnya keikhlasan hambanya dalam beramal. Dan, Dari sudut pandang yang berbeda pun, hakikat manusia yang tulus ikhlas dalam menjalani segala liku-liku kehidupan baik dalam hal beramal maupun yang lainnya, maka manusia itu sendiri akan merasakan kenikmatan dalam setiap langkahnya. Ia tidak akan merasa dirugikan atau merasa ketidak adilan berpihak padanya. Tapi justru karena ia tulus mengerjakan segalanya maka ia tidak pusing memikirkan yang sudah ia kerjakan atau sudah terjadi. Jadi, gak ada ruginya kita ikhlas dalam segala urusan. Setuju gak ? hehe. Memang terbesit dalam pikiran itu adalah sesuatu yang sulit kita terapkan dalam diri, tapi.."ala bisa karena biasa..". Jangan anggap pikiran itu sebuah hambatan atau kesulitan, mulailah dari ikhlas beramal dalam hal terkecil,  misalnya besedekah, walaupun cuma sibu alias seribu, tapi keikhlasan akan menjadikan itu lebih berharga. Jadi intinya, 'ikhlas' itu akan menghasilkan tali yang erat dalam hal hablu mina Allah dan hablu mina Nas serta mutiara indah di balik besarnya perjuangan kerang.. Luar biasa kan ikhlas tu....:) Anda, mereka, saya, dan kita semua Insya Allah bisa tulus dan ikhlas dalam beramal.  Be a Pious and  Sincere Person..Amin... :)


Langsa, 19 Oktober 2012

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar